• investasi properti di canggu bali
  • investasi properti di nusa dua bali
  • private apartment di canggu
Private Apartment

Investasi Condotel di Bali

Investasi Condotel di Bali

investasi condotel di bali

Bisa dibilang bahwa Bali merupakan primadona bagi para pebisnis properti di sana. Walaupun dengan banyaknya hotel yang sudah dibangun di Bali dari berbagai kelas, tetap saja para developer membangun hotel di sana. Pulau Bali ini tetap menjadi pilihan nomor 1 karena pesonanya yang begitu memikat bagi para wisatawan dalam dan luar negeri. Hal ini pun membuat kebutuhan pada penginapan yang ideal tidak akan pernah berkurang sama sekali. Investasi condotel di Bali bisa dibilang tetap sangat menguntungkan walaupun pertumbuhan condotel di Bali mengalami kelonjakan yang cukup tinggi. Karena pasarnya cukup tinggi di Bali sendiri.

Bali sendiri sekarang ini sudah sangat terbuka bagi siapa saja yang ada dari berbagai kelas sosial. Fasilitas dari condotel sendiri mulai tersedia dan sangat menunjang kebutuhan dari kelas ekonomi yang beragam, dari kelas menengah hingga yang tinggi. Jumlah dari condotel ini juga terus mengalami kenaikan setiap tahunnya seenggaknya dari tahun-tahun terakhir ini. Investasi Condotel di Bali sendiri banyak dibeli untuk disewakan biasanya tidak untuk dijual lagi secara langsung. Sehingga membuat Investasi condotel di Bali ini menjadi pilihan alternatif yang sangat menguntungkan.

Untuk investasi condotel di Bali biasanya mengeluarkan dana yang tidak terlalu besar sekitar 600 juta hingga 700 juta rupiah per unitnya. Dengan pembelian ini, para investor akan bisa menikmati capital gain juga yield berjumlah cukup besar dalam instrumen investasi yang berbeda seperti deposito dan reksadana. Contohnya ialah dengan condotel kelas menengah sendiri mematok tarif sekitar 1 juta hingga 1,5 juta rupiah per malam. Sehingga membuat investasi pada condotel yang sudah mengeluarkan 600 sampai 700 juta rupiah bisa mengembalikan modal itu dalam kurun waktu sekitar 6 tahun saja. Hal ini juga dengan asumsinya mendapat imbalan sebesar 10 persen tiap tahunnya.

Baca juga: Properti Terbaik di Canggu Bali

Keuntungan Dari Investasi Condotel di Bali

Investasi condotel sendiri sedang sangat marak dan memiliki kenaikan yang tinggi dari beberapa tahun ini di Bali. Bahkan dari investasi yang dilakukan di Bali ini bisa meraup keuntungan pengembalian investasi hingga 40 persen selama jangka 5 tahun atau 8 persen per tahunnya. Tidak mustahil juga para developer yang bisa memberi jaminan hingga 16 persen yang dibayar langsung dimuka. Ada faktor-faktor tertentu yang harus tidak lupa untuk diperhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan investasi condotel. Sebelum melakukan investasi condotel juga para investor harus mengetahui dulu apakah itu condotel. Condotel sendiri adalah gabungan dari kondominium yang pengelolaannya dikerjakan seperti hotel pada umumnya.

Kondotel sendiri memberikan kemungkinan bagi pemiliknya untuk dapat menikmati untinya itu dalam kurun waktu tertentu. Yang kemungkinan biasanya adalah 21 hari hingga 25 hari pada kurun waktu 1 tahun sendiri. Calon investor sendiri harus mengetahui kompetisi yang sangat sengit pada tahun-tahun sekarang ini. Jangan sampai investor dapat terjebak pada rayuan marketing itu sendiri. Dengan konsep desain yang paling bagus sekali pun, sebuah properti akan sangat sulit disewakan atau dijual bila lokasinya salah. Sehingga tetap perlunya kepekaan kepada para calon investor yang ingin membeli pada lokasi yanjg harus strategis pastinya.

Faktor Penting Dalam Memutuskan Investasi Condotel di Bali

Faktor yang cukup penting dalam berinvestasi adalah melihat operator condotel yang harus berkinerja dengan baik dan rekam jejak yang mulus. Bila, condotel ini memiliki rekam jejak dibawah rata-rata, lebih baik tidak usah berinvestasi di sana. Untuk desainnya sendiri pastinya harus istimewa dan unik sehingga mendapatkan nilai tambah pada customer sendiri dan juga lokasinya yang bagus dan premium. Biasanya juga untuk wisatawan yang datang ke Bali adalah untuk mencari sebuah waktu yang berkualitas dan bukan hanya bisnis saja. Sehingga untuk konsep desain ini haruslah sangat mengakomodasikan kebutuhan yang cocok untuk customer tersebut.

Faktor berikutnya yang tidak kalah pentingnya ialah dari kualitas pembangunan pada lahan yang akan diinvestasikan. Bali bisa dibilang sudah banyak tersebar condotel-condotel yang bisa dilihat bahwa kualitas bangunannya sendiri terlihat seadanya. Bahkan ada yang baru beroprasi beberapa tahun saja, namun sudah mengalami berbagai kerusakan hingga kebocoran dimana-mana. Kualitas bangunan inilah yang harus menjadi bahan pertimbangan para investor sebelum membeli properti yang akan di jadikan ladang investasi. Sebelum membeli terlebih dahulu melakukan riset terhadap developer pembangunan condotel atau bila perlu riset langsung mendatangi bangunan yang ada.

Faktor Lainnya Dalam Melakukan Investasi Yang Baik

Untuk faktor-faktor tadi memang cukup penting untuk mempengaruhi investasi condotel di Bali. Namun ada hal yang cukup penting lainnya selain faktor-faktor yang sudah diungkap tadi. Pertama adalah bila ada condotel yang ditawarkan tanpa adanya bangunan yang jadi, maka investor akan membeli dengan harga yang jauh lebih murah pastinya. Dikarenakan biaya pembelian itulah yang digunakan untuk membangun properti yang dikerjakan oleh sang developer. Maka hal inilah yang ditakutkan akan memberikan risiko-risiko yang tinggi pada sang investor itu sendiri.

Hal kedua yang harus diperhatikan ialah tentang skema rental guarantee yang nantinya akan ditawarkan. Biasanya Garansi yang akan diberikan ini ialah cukup terbatas bagi beberapa tahun awal yang akan surut bersama dengan presentase seiring berjalannya waktu. Bisa jadi setelah akhirnya masa garansi ini akan membuat skema bagi hasil terjadi dari tingkat okupansi melalui rasio tertentu dari antara pengelola dan juga investornya. Nilai keuntungan tentunya akan diterima secara nilai bersih, namun investor akan membayar juga biaya untuk perawatan dan pemeliharaan kepada manajemen condotel.

Hak kepada pembeli untuk tinggal di condotel juga sangat menjadi keuntungan tersendiri bagi sang pembeli itu sendiri. Bisa dilihat bagi investor yang membeli condotel pada lokasi yang cukup favorit, maka akan sangat sering dikunjungi wisatawan. Hal ini bisa jadi faktor yang menguntungkan pembeli, sebab bisa untuk sering menikmati unit yang dibeli tersebut. Kalau biasanya sih pihak manajemen sendiri akan memberikan hak itu pada bentuk voucher, yang kemudian bisa investor gunakan untuk dijual kembali tentunya. Hal ini bisa menjadi keuntungan tambahan bagi para investor condotel pastinya.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan hak-hak yang lainnya bagi para investor. Bisa dilihat dari hak kepemilikan yang didapat berupa strata title, ataupun juga hak yang didapat berupa pemakaian unit. Untuk bangunan yang berbentuk horizontal sendiri, hak pada sebidang tanah juga fasilitas umum akan digunakan dan dibagi secara merata pada seluruh pemilik unit. Tentunya pembagian hak-hak istimewa ini akan dibagi secara merata pada tiap investor yang ada. Namun sangat disayangkan sekali, bahwa hak bagi para pemilik unit condotel mungkin saja bisa berubah dalam jangka waktu tertentu. Karena mayoritas pemilik unit dari condotel itu ialah pihak developer atau pun mungkin sang manajemen hotel itu sendiri.